Selasa, 25 Oktober 2011

Bunga Rhododendron Asli Indonesia

Sedikit yang tahu bahwa Indonesia pun memiliki banyak spesies Rhododendron yang tumbuh alami bahkan endemik di beberapa daerah. Bunga cantik ini membutuhkan cuaca dingin (iklim sedang), lantaran itu di Indonesia, Rhododendron Azalea, Saliyah, atau Kadudampit ini tumbuh di puncak-puncak gunung layaknya bunga edelweis.


Rhododendron sendiri merupakan genus tanaman berbunga dengan 800-an jenis spesies, baik alami maupun hibrida. Pohon Rhododendron berbentuk semak dengan tinggi rata-rata di bawah satu meter, meskipun terdapat spesies yang mampu tumbuh hingga 30 meter. Daunnya kecil berwarna hijau.

Yang paling menawan dari Rhododendron adalah bunganya. Bunga Rhododendron mempunya aneka warna sesuai dengan spesiesnya. Struktur bunganya pun cantik dan tahan rontok hingga satu minggu meskipun telah dipotong.

Spesies Asli dan Endemik Indonesia. Beberapa spesies Rhododendron yang hidup alami dan endemik di Indonesia antara lain:

  • Rhododendron album; Tumbuh baik pada daerah berketinggian 1.200 – 1.700 mdp. Merupakan bunga endemik Jawa Barat dan Jawa Tengah.
  • Rhododendron javanicum; (endemik Jawa dan Bali)
  • Rhododendron loerzingii; Tumbuh baik pada ketinggian 1.800-2.000 mdpl. Merupakan bunga endemik Jawa yang bisa ditemukan di gunung Merapi, Merbabu, dan Sumbing (Jawa Tengah). Terdaftar sebagai spesies Vulnerable IUCN Red List.
  • Rhododendron wilhelminae; Tumbuh baik pada ketinggian 1.350 mdpl. Hanya ditemukan di gunung Salak, Jawa Barat. Terdaftar sebagai spesies Critically Endangered IUCN Red List.
  • Rhododendron radians (Sulawesi Tengah)
  • Rhododendron renschianum atau Turuwara; endemik Nusa Tenggara Timur seperti di Taman Nasional Kelimutu.
  • Rhododendron rhodopus (Sulawesi Selatan)
  • Rhododendron seranicum (Sulawesi Tengah)

Kesemua spesies Rhododendron hidup di daerah bercuaca sejuk utamanya di puncak gunung dengan ketinggian di atas 1000-an meter dpl. Meskipun bunga Rhododendron mampu tumbuh dan beradaptasi di dataran yang lebih rendah dan bercuaca panas namun perkembangan bunganya tidak maksimal. Sehingga warna dan struktur bunganya kalah menarik dengan yang tumbuh di puncak gunung.

Yang pasti bunga Azalea, Saliyah, Kadudampit, Turuwara, atau Rhododendron menjadi perhiasan puncak-pucak gunung yang selalu memukau para pendaki gunung.

Klasifikasi Ilmiah: 
Kerajaan: Plantae;
Divisi: Magnoliophyta; 
Kelas: Magnoliopsida; 
Ordo: Ericales; 
Famili: Ericaceae; 
Genus: Rhododendron; 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar