Sabtu, 02 April 2011

Belajar Huruf Kanji Jepang

Kanji
Kanji merupakan huruf yang paling terkenal dan paling umum digunakan di Jepang. Karakter kanji juga biasa disebut sebagai sebuah karakter “Ideographs”, “Ideograms” atau “Pictograms” didunia. Hal ini dikarenakan simbol dari akrakter kanji mengekspresikan sebuah ide, dan menggambarkan dari sebuah objek visual dengan cara-cara tertentu. Sebagai contoh, simbol kanji yang ditulis dibawah ini :
Dapat kamu lihat kan… pada gambar diatas baik dari sebuah kata “matahari” atau “pohon” penulisan simbolnya menggambarkan bentuk visual dari objek tersebut. Akan tidak tetapi tidak semua simbol kanji menggambarkan visual dari objek.
Penyusunan Symbol Kanji
Pada pembahasan diatas telah dijelaskan bahwa sebuah symbol kanji dapat menggambarkan bentuk visual dari sebuah objek. Nah bagaimana jika simbol tersebut disusun?. Ketika sebuah simbol kanji disusun maka akan menimbulkan sebuah arti baru. Misalkan dari contoh diatas simbol yang mengartikan kata “pohon” ketika disusun / digabungkan menjadi dua buah simbol maka akan akan menimbulkan arti baru yaitu “kayu”
Lho kok bisa? pohon dan pohon = kayu ? ya jangan tanya saya… tanyaken yang bikin simbol kanji ya… :D… atau tanya doraemon…
Cara Menulis Huruf Kanji
Untuk menulis huruf huruf kanji ga boleh sembarangan. Harus sesuai aturan, jadi ada urutannya dari mana dulu coretannya. Misalkan untuk menulis simbol “kayu” diatas urutan coretannya adalah sebagai berikut :
Tapi meskipun demikian, karena sudah canggih diera teknologi sekarang ini dengan pemanfaatan komputer anak-anak muda jepang sekarang malah suka menulis kanji tidak sesuai aturan urutan penulisannya. Nah sampai sini dulu artikelnya berlanjut ke artikel berikutnya.
.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar